Jumat, 13 April 2018

Menpora Buka Liga Santri 2018

Lampung - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi resmi membuka Liga Santri Nusantara (LSN) 2018. Ia turut menyebut-nyebut nama pesepakbola muda Egy Maulana Vikri.

Di Lapangan Sepakbola Merdeka, Pesisir Barat, Lampung, Jumat (13/4/2018), Menpora mendapat sambutan hangat dari para santri yang sudah menunggu kehadirannya. Ada suguhan tari-tarian dan atraksi pencak silat. Ia pun lantas didandani dengan pakaian adat.

"Liga santri ini ide dasarnya adalah komunitas kader yang tidak hanya dilatih mental dan spiritual, juga mempunyai kemampuan olahraga," ucap Menpora.

"Dua tahun lalu, kami putar liga santri, awalnya banyak yang melihat sebelah mata. Alhamdulillah waktu itu ada 400 pondok pesantren yang ikut. Tapi sekarang mencapai hampir 1.024 pondok pesantren yang ikut. Lebih membahagiakan ada alumni liga santri dipercayakan main di timnas."

"Tapi saya tidak tahu selanjutnya bagaimana yang jelas para talent scouting dapat melihat bahwa talenta kita sangat banyak tak hanya di sekolah sepakbola, tapi ada di pesantren," tuturnya.

Sehubungan dengan itu, Imam pun mengimbau agar para pesepakbola santri terus memupuk impian, secara khusus jika ingin menjadi pesepakbola, demi mengharumkan nama bangsa. Ia pun kemudian menyebut-nyebut nama Egy Maulana Vikri.

"Kalian tahu siapa pesepakbola yang nanti akan bertanding di Eropa? Egy Maulana Vikri. Maka saya juga ingin Indonesia tidak hanya menjadi pasar suporter dunia, tapi mulai lah anak-anak Indonesia menjadi yang terbaik di dunia," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal turut menuturkan hasrat dan harapan serupa. Ia memberi contoh kehadiran Roger Milla yang sudah membuat Kamerun jadi dikenal di dunia sepakbola.

"Orang tahu Kamerun setelah ada Roger Milla. Maka itu, setelah ada Egy Maulana lain dari Krui saya harap orang jadi tahu Krui. Itu saja," kata Agus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar