Rabu, 16 Mei 2018

Persija Gagal ke Final Piala AFC 2018

Jakarta - Persija Jakarta takluk 1-3 dari Home United di leg kedua semifinal Piala AFC 2018 zona ASEAN. Macan Kemayoran gagal ke final usai kalah agregat 3-6.

Kiprah Persija Jakarta di Piala AFC 2018 zona ASEAN cuma sampai semifinal. Ini setelah Persija disingkirkan Home United dengan agregat 3-6, Menjamu Home United di leg kedua yang dihelat di SUGBK, Selasa (15/5/21018) malam WIB, Persija yang kalah 2-3 di leg pertama dan butuh kemenangan 1-0 saja malah bermain buruk sejak menit awal.

Persija kebobolan tiga gol di babak pertama dan cuma sekali membalas lewat marko simic. Gol-gol kemenangan Home United dibuat Shahril Ishak (2 gol) dan Song Ui-Young. Derita Persija makin bertambah setelah kehilangan dua pemaiinnya karena dikartumerah yakni Jeimerson dan Daryono. Macan Kemayoran tersingkir dengan agregat total 3-6


Persija langsung tampil menekan sejak menit pertama. Macan Kemayoran melancarkan serangan dari sisi kanan lewat Riko Simanjuntak.

Pria berdarah Medan itu kemudian melepaskan umpan tarik, gagal disambut oleh Simic, bola dihalau keluar kemudian disambar oleh Rohit Chand, namun bola masih membentur pemain bertahan Home United.

Alih-alih mencari gol cepat usai kalah 2-3 di leg pertama, Persija malah kejebolan duluan di menit keenam. Berawal dari umpan silang di sisi kiri, bola gagal ditangkap oleh Rizky Darmawan, bola liar disambar dengan sundulan Shahril Ishak.

Teringgal 0-1, Persija langsung menekan. Penetrasi Novri Setiawan ke kotak penalti Home United berujung pelanggaran yang dilakukan pemain belakang lawan. Wasit pun menunjuk titik putih.

Simic, yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik di menit kesembilan. Bola hasil tendangan striker asal Kroasia itu berhasil dibaca kiper Rudy Khairullah, namun derasnya laju bola ke sisi kanan tak bisa dibendung. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Home United kembali unggul selang dua menit kemudian. Wasit Turki Mohammed A Alkhudhayr menunjuk titik putih untuk tim tamu setelah Rezaldi Hehanusa melanggar Shahril Ishak.

Shahril Ishak mengambil eksekusi penalti, tendangan penalti Shahril sempat diblok oleh Rizky namun bola liar berhasil disambar kembali oleh Shahril. Home United memimpin 2-1 di menit ke-12.

Persija, yang tampil di depan puluhan ribu suporternya tak tinggal diam. Serangan kembali dilancarkan dan peluang datang di menit ke-17 lewat sundulan Jaimerson Da Silva dari umpan sepak pojok, namun bola masih bisa diamankan Rudy.

Macan Kemayoran masih mendominasi permainan sampai menit ke-30. Sementara itu, Home United sangat rapat bertahan di sepertiga akhir.

Tempo permainan mulai menurun setelah Muhammad Fazli bin Ayob beberapa kali terjatuh di lapangan dan mengalami perawatan. Pada akhirnya, si pemain ditarik keluar untuk digantikan Sirina Camara.

Di menit ke-37, Persija harus bermain dengan 10 orang. Jaimerson diganjar kartu merah kedua setelah melanggar pemain lawan. Kartu kuning sebelumnya didapat bek asal Brasil itu pada menit ke-11.

Home United berhasil memanfaatkan keunggulan jumlah pemain di menit ke-44. Camara melepaskan umpan yang kemudian disundul oleh Song Ui-Young dan bola gagal diantisipasi oleh Rizky. Home United unggul 3-1.

Di penghujung babak pertama Persija kembali kehilangan pemain. Kiper Daryono dikartumerah langsung dari bangku cadangan setelah memprotes keras wasit.

Di lima menit pertama babak kedua Persija masih bisa menekan pertahanan Home United. Rohit Chand, yang juga mengemban tugas di lini belakang untuk menambal kehilangan, ikut naik membantu serangan.

Ada dua peluang yang didapat Persija dalam kurun waktu tersebut. Pertama lewat penetrasi Riko, yang nyaris membuat lawan melakukan gol bunuh diri dan kemudian sundulan Ramdani Lestaluhu.

Tim tamu baru bisa menyerang di menit ke-59. Serangan itu datang melalui Shahril Ishak, namun pergerakannya masih bisa dihentikan oleh Maman Abdurrahman.

Sampai menit ke-70, Persija masih kesulitan membongkar pertahanan Home United. Upaya bola-bola panjang sampai aksi individu pemain belum juga bisa memecah kebuntuan.

Tempo permainan semakin lamat di 10 menit akhir pertandingan. Home United lebih memilih bermain menunggu saat Persija menguasai bola. Hingga laga usai skor 3-1 bertahan untuk kemenangan Home United.

Susunan Pemain:

Persija Jakarta: Rizky Darmawan. Rezaldi Hehanusa, Maman Abdurrahman, Jaimerson Da Silva, Ismed Sofyan, Novri Setiawan (Addison Alves 61'), Sandi Sute (Bambang Pamungkas 77'), Rohit Chand, Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu (F.Ridwan 88'), Marko Simic.

Home United: Rudy Khairullah, Aqhari Abdullah, Shakir Hamzah, Abdil Qaiyyim, Juma'at Jantan, Mohan Kumar, Izzdin Shafiq (Nor 88'), Fazli Ayob (Sirina Camara 34'), Shahril Ishak (Abdul Hameed 64'), Faizal Roslan, Song Ui-Young. Ui-Young. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar