Rabu, 09 Mei 2018

Penyesalan Guardiola Kepada Yaya Toure

Manchester - Ada penyesalan dirasakan Pep Guardiola saat melepas Yaya Toure dari Barcelona. Tapi Pep ikut gembira dengan sukses Toure di The Citizens.

Toure diboyong ke Camp Nou saat Blaugrana masih dilatih Frank Rijkaard. Dia dibeli dari AS Monaco dengan harga 6,7 juta poundsterling.

Selang semusim selanjutnya Barcelona berganti nakhoda dengan masuknya Guardiola. Ada ketidakcocokan antara Yaya dengan Guardiola selama dua musim berjalan. Alhasil, pemain asal Pantai Gading itu hengkang ke City di bawah komando Roberto Mancini pada 2010/2011.


Di musim pertamanya, Yaya membantu The Citizens memenangi Piala FA, semusim selanjutnya memenangi Premier League, dan Community Shield. Musim 2013/2014, pemain yang kini berusia 34 tahun itu makin menggila di bawah arahan Manuel Pellegrini dengan mencetak 20 gol di liga dan memenangi Premier League.

Pada prosesnya, Yaya dan Guardiola kembali berada satu atap pada musim 2016/2017. Sempat ada ketegangan antar keduanya di awal-awal, namun mulai membaik dan Guardiola mengandalkan si pemain untuk membantu melewati musim pertamanya di Etihad Stadium.

Kini, Yaya akan meninggalkan City di akhir musim setelah membantu klub memenangi Premier League. Guardiola mengakui kalau dirinya pernah bertanya-tanya apakah melepas si pemain dari Barca saat itu sesuatu kesalahan.

"Ya, tentu saja. Tidak ada keraguan tentang kualitas Yaya - semua manajer membuat kesalahan, mungkin aku membuat kesalahan saat itu," kata Guardiola seperti dikutip dari Soccerway.

"Kami berusaha menahannya di Barcelona tetapi pada akhirnya dia memutuskan dengan agennya untuk datang ke sini (Etihad Stadium) dan membuat keputusan yang bagus. Kami harus membuat keputusan, kadang-kadang itu baik dan kadang-kadang itu buruk. Tapi saat dia adalah orang baik, selalu aku berharap yang terbaik," sambungnya.


"Aku tahu dia sangat bahagia dengan keluarganya di sini dan itu adalah hal yang paling penting. Dia memiliki banyak kesuksesan."

"Dia mencintai para fans, begitupun sebaliknya dan semoga di pertandingan sisa stadion bisa menjadi seperti di kandang dan menunjukkan dukungan besar untuk seorang pria yang layak atas apa yang telah dia lakukan," harapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar