Rabu, 16 Mei 2018

Atletico Madrid Juara Liga Europa 2017

Lyon - Atletico Madrid tampil sebagai juara Liga Europa musim 2017/2018. Los Colchoneros menjadi kampiun setelah melibas Marseille dengan skor 3-0 di final.

Pada partai puncak yang dilangsungkan di Groupama Stadium, Lyon, Kamis (17/5/2018) dinihari WIB, Atletico memimpin 1-0 hingga turun minum. Gol pembuka dicetak oleh Antoine Griezmann pada menit ke-21.

Griezmann kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-49 untuk menggandakan keunggulan Atletico. Gol Gabi di menit ke-89 akhirnya memantapkan kemenangan Atletico atas Marseille. Ini adalah gelar ketiga Atletico di arena Liga Europa. Klub Spanyol itu sebelumnya juga pernah berjaya pada musim 2009/2010 dan 2011/2012.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan dalam tempo tinggi di menit-menit awal. Marseille mendapatkan kesempatan emas pada menit keempat ketika umpan terobosan Dimitri Payet membuat Valere Germain langsung berhadapan dengan kiper Atletico, Jan Oblak. Tapi, penyelesaian Germain masih melenceng.

Berselang dua menit, Marseille kembali mengancam gawang Atletico, kali ini melalui tendangan voli Adil Rami. Tapi, arah tembakan Rami juga meleset.

Tekanan Marseille berlanjut di menit ke-19 melalui tembakan jarak jauh Payet. Gol belum tercipta karena Oblak masih bisa mengantisipasi tembakan Payet.

Kendati lebih banyak diserang, Atletico justru unggul duluan. Sebuah kesalahan fatal di lini pertahanan Marseille dimanfaatkan oleh Griezmann untuk mencetak gol di menit ke-21.

Gol tersebut berawal dari kegagalan Andre Anguissa mengontrol dengan baik bola operan dari kiper Steve Mandanda. Gabi menguasai bola yang lepas dari kaki Anguissa dan mengoperkannya kepada Griezmann. Langsung berhadapan dengan Mandanda, Griezmann dengan tenang menceploskan bola ke dalam gawang.

Dalam posisi tertinggal 0-1, Marseille mendapatkan pukulan berikutnya. Mereka kehilangan Payet yang mengalami cedera saat laga baru berjalan setengah jam. Tak kuasa menahan kesedihan, Payet menangis ketika meninggalkan lapangan.

Hingga rampungnya babak pertama, kedudukan belum berubah. Atletico masih memimpin 1-0.


Atletico memperbesar keunggulannya menjadi 2-0 saat babak kedua baru berjalan empat menit. Dalam sebuah serangan cepat, Griezmann menerima umpan dari Koke dan dengan tenang menaklukkan Mandanda. 

Atletico nyaris mencetak gol lagi di menit ke-53. Namun, sundulan Diego Godin meneruskan sebuah sepak pojok masih melenceng tipis dari gawang Marseille.

Marseille mencoba untuk menambah daya gedor dengan memasukkan Clinton Njie dan Konstantinos Mitroglou. Perubahan ini nyaris membuahkan hasil di menit ke-81 ketika Mitroglou menyambut umpan silang Morgan Sanson dengan sundulannya. Tapi, bola sundulan Mitroglou mengenai tiang gawang.

Percobaan Jordan Amavi tiga menit kemudian juga belum menghasilkan gol untuk Marseille. Tembakan voli Amavi bisa diamankan oleh Oblak dengan relatif mudah.

Alih-alih menipiskan ketertinggalannya, Marseille malah kebobolan lagi di menit ke-89. Gabi mencetak gol ketiga untuk Atletico dengan memanfaatkan umpan dari Koke.


Susunan Pemain
Marseille: Mandanda; Sarr, Rami, Luiz Gustavo, Amavi; Anguissa, Sanson; Thauvin, Payet (Lopez 32'), Ocampos (Njie 55'); Germain (Mitroglou 74')

Atletico Madrid: Oblak; Vrsaljko (Juanfran 46'), Gimenez, Godin, L. Hernandez; Correa (Thomas 88'), Saul, Gabi, Koke; Diego Costa, Griezmann (Torres 90')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar